Honda Recall CBR1000RR dan CBR1000RR SP di Amerika Karena Masalah Tutup Tangki

Honda melakukan penarikan kembali atau recall CBR1000RR dan CBR1000RR SP model 2017 karena adanya potensi kebocoran pada tutup bahan bakar yang bisa menyebabkan air masuk ke tangki. Penarikan kembali tersebut berdampak pada sedikitnya 2.443 unit CBR1000RR di Amerika Serikat.
Honda CBR1000RR 2017
Recall Honda CBR1000RR 2017
Penarikan ini diumumkan oleh National Highway Traffic Safety Administration, yang menyatakan bahwa tutup tangki bahan bakar CBR1000RR 2017 kemungkinan memiliki gap/celah dengan tangki, sehingga memungkinkan air bisa masuk ke dalam tangki dan bisa menjadi masalah bagi pengendaranya seperti tangki berkarat atau mogok.
Tutup Tangki CBR1000RR
Tutup Tangki CBR1000RR

Bagaimana mengetahui tutup tangki rapat atau tidak?

Cukup mudah. Hanya dengan mengoleskan cat air di dalam bibir tangki dan kemudian tutup tangki ditutup. Jika ada bekas cat di tutup tangki, berarti tutup tangki rapat. Namun jika tidak ada bekas cat atau hanya ada sedikit bekas cat di tutup tangki, maka dipastikan tutup tangki tidak rapat dan ada potensi air bisa masuk ke dalam tangki. Metode ini juga bisa digunakan di motor lain yang menggunakan tutup tangki model ini.

Cara cek tutup tangki bocor atau tidak
Oleskan cat air di sisi ini
Cara cek tutup tangki bocor atau tidak
Setelah dioleskan cat air, tutup segera
Cara cek tutup tangki bocor atau tidak
Jika tidak ada bekas cat atau hanya ada sedikit bekas cat di tutup tangki maka tutup tangki tidak rapat
Masalah ini ditemukan petama kali pada tanggal 29 Maret 2017, ketika sejumlah tetes kecil bahan bakar menetes dari saluran drain bahan bakar saat motor ini dites oleh media-media Jepang. Kemudian Honda langsung melakukan pemeriksaan pada bulan April dan menemukan celah di tutup tangki bahan bakar. Dan pada 19 Oktober, Amerika Honda memulai prosedur recall.

Selama periode tersebut, Honda Motor Co telah menerima 4 laporan tentang rembesan bahan bakar ini di Jepang, namun belum ada laporan dari AS. Meskipun demikian recall tetap dilanjutkan dengan mengganti tutup tangki tersebut dan memeriksa kandungan air di dalam tangki.

Untuk CBR1000RR yang menggunakan tangki besi, dealer akan mengganti tangki bahan bakar, fuel pump dan fuel injectors. Sementara untuk model SP yang menggunakan tangki titanium, Honda hanya akan mengganti fuel pump dan fuel injectors.

Post a Comment

0 Comments