Tips Singkat Untuk Mereset Oil Trip Yamaha NMax

Otovirtual.com - Penjualan Yamaha NMax di tanah air terbilang sangat sukses, jauh melebihi penjualan Honda PCX. Setiap bulannya, lebih dari 20.000 unit NMax didistribusikan ke konsumen. Saya salah satu pembeli NMax yang cukup puas dengan motor ini, walaupun tetap ada saja kekurangannya.
Yamaha NMax
Yamaha NMax
Udah tahu kan kekurangannya? Wkwkwkwk... yups, shock belakang yang sekeras batu! Itu saja sih kekurangan paling menyakitkan dari NMax.

Kembali ke topik... Indikator Oli/Oil Trip di NMax akan berkedip sendiri setiap 4000 km. Jadi setelah dilakukan pergantian oli, misalnya di km 4000, maka oil trip indicator harus di reset, sehingga saat km 4000 berikutnya oil trip berkedip dan memberitahukan pemilik agar segera mengganti oli mesinnya. Fitur ini cukup sederhana, namun sangat berguna terutama bagi pengguna yang jarang memperhatikan rentang waktu service-nya.
Speedometer NMax - 4000 km
Speedometer NMax - 4000 km
Nah, masalahnya ketika kita melakukan service NMax di bengkel resmi, biasanya indikator oli atau oil trip tidak di-reset oleh mekanik, sehingga kita diharuskan untuk mereset sendiri indikator oli ini. Hal ini sudah saya alami 2 kali di 2 bengkel resmi Yamaha. Entah memang tidak ada prosedur untuk reset oil trip atau memang mekaniknya tidak tahu caranya, atau males? :D

Untuk mereset Oil Trip NMax sangat gampang. Kalau sudah baca user manual NMax pasti tahu kok. Bagi yang males baca user manual, berikut ini saya buatkan video Cara Reset Oil Trip NMax.

Mudah sekali kan? Tinggal pencet beberapa kali tombol SELECT hingga display menunjukkan tulisan OIL TRIP. Setelah itu pencet tombol RESETselama 3 detik sampai tulisan OIL TRIP berkedip. Dilanjutkan dengan menekan lagi tombol RESET selama 3 detik. Dan tadaaaa... Oil Trip akan menunjukkan 0 lagi :)

Semoga berguna.


Hubungi dan Ikuti juga Otovirtual.com di media berikut:

Post a Comment

26 Comments

  1. Thanks gan infonya

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya gan

    ReplyDelete
  3. waduh untung baca info agan saya deg degan ih krn abis ganti olie kok kedip2 ternyata blm sampe 4000 gantinya mksh gan

    ReplyDelete
  4. Aq maw nanya gang,,,aq kan awl ganti oli 1000km indikator nyalah habis itu bulan berikutnya udh 1000km lgi kok g berfungsi lgi indikator oli.y ??? Maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habis 1000km nanti indikatornya di 4000 km. Berikutnya lg tiap 4000 km

      Delete
  5. Klo misal indikatornya pengen berkedip di tiap 2500 km bisa gak gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ga bisa...setting defaultnya tiap 4000 km, kecuali 1000km pertama. Atau mungkin saya saja yg belum menemukan caranya hehehe

      Delete
  6. Maturnuwun juragan, aku sampai kebingungan lo 😁 akhirnya nemu nang kene🙏

    ReplyDelete
  7. bang oil trip ane 2700an tp ga bisa di reset. malah kedap kedip ttrus. knp tuh ya bang? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkedip karena belum direset atau direset ga bisa? Kalo di reset ga bisa coba cek ke beres, mungkin ada yg error.

      Delete
  8. sangat membantu makasih bamyak. gan

    ReplyDelete
  9. Berarti setiap 4000 km oli harus segese di ganti y?? Tks

    ReplyDelete
  10. gan.. mau tanya... kalo nmax jarang dipake masih 250km tp udah mau jatuh tempo service pertama gratis bisa ga diservice & ganti oli?, dan perlu di reset ga kalo masih 250km? dan apa perlu nanti kalo sampe 1000km perlu ganti oli lagi?

    ReplyDelete
  11. It. Nice ternyata nmax memang menyenangkan...

    ReplyDelete
  12. Trims infonya...sudah sangat membantu

    ReplyDelete
  13. mantep bos ,,,
    ijin copas bos , insya alloh ane sertakan sumber artikelnya .
    blog ini semoga semakin banyak pengunjungnya

    ReplyDelete