Akibat Corona, MotoGP Qatar Batal dan MotoGP Thailand Ditunda!

Otovirtual.com - Virus Corona Covid-19 hingga saat ini telah menginfeksi lebih dari 89 ribu orang di seluruh dunia, termasuk 2 orang di Indnonesia yang dikonfirmasi oleh Presiden Jokowi hari ini. Efeknya sangat luas, mulai dari pariwisata, pameran otomotif hingga event olahraga multinasional harus dibatalkan akibat virus ini.

MotoGP Qatar 2020 dibatalkan
MotoGP Qatar 2020 dibatalkan

Salah satu yang terkena dampaknya adalah ajang adu cepat motor prototype yang beberapa hari lagi akan dimulai, yaitu MotoGP. MotoGP 2020 yang sejatinya akan dimulai di sirkuit Losail Qatar pada tanggal 6 - 8 Maret 2020 harus dibatalkan. Waduhhh...

Konfirmasi pembatalan MotoGP Qatar ini setelah adanya keputusan dari pemerintah Qatar terkait kunjungan dari Italia dimana setiap orang dari Italia atau setidaknya pernah mengunjungi Italia selama 14 hari terakhir harus dikarantina dulu selama 14 hari saat memasuki Qatar, untuk mencegah penularan virus Corona Covid-19.

Otomatis, karena banyak pembalap dan crew MotoGP yang berasal dari Italia, maka Dorna, IRTA dan FIM memutuskan untuk membatalkan MotoGP Qatar 2020. Berita baiknya, untuk Moto3, Moto2 dan ATC tetap akan dilangsungkan di Losail Qatar sesuai jadwal, yaitu 6 - 8 Maret 2020. Hal ini karena para pembalap dan crew Moto2 dan Moto3 sudah berada di Qatar mulai akhir Februari lalu untuk melakukan test pra musim. Jadi tidak perlu dikarantina terlebih dahulu.

Nah, cilakanya... MotoGP Thailand juga terkena imbas virus Corona ini. MotoGP (juga Moto3 dan Moto2) putaran kedua di Thailand pada tanggal 20 - 22 Maret 2020 juga harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Berikut penyataan resminya:
"Wabah global virus corona terus berkembang, pemerintah Thailand telah memutuskan bahwa tidak mungkin untuk menyelenggarakan Grand Prix Thailand pada tanggal tersebut. FIM, IRTA, dan Dorna menyesal mengumumkan penundaan acara tersebut, yang akan seharusnya pada 22 Maret di Buriram. FIM, IRTA dan Dorna sedang mengevaluasi apakah ada tanggal alternatif yang memungkinkan untuk MotoGP Thailand musim ini. Pemberitahuan lebih lanjut akan dipublikasikan segera setelah tersedia."
Sangat disayangkan sebenarnya karena MotoGP Thailand adalah salah satu penyumbang penonton terbesar di MotoGP dimana tahun lalu sebanyak 226.655 orang meramaikan ajang MotoGP Thailand. Tapi ya bagaimana lagi..?

Lantas, apakah MotoGP Argentina dan Amerika juga akan dibatalkan/ditunda? Belum ada keputusan mengenai hal ini. Namun rumornya, MotoGP 2020 baru akan dimulai saat putaran Eropa digelar di Jerez... waduh...



Hubungi dan Ikuti juga Otovirtual.com di media berikut:

Post a Comment

0 Comments