5 Pabrikan Motor Ini Dulunya Bukan Pabrikan Motor, Dari Mesin Tenun Hingga Pabrik Senjata!

Otovirtual.com - Walaupun sekarang sukses menjadi pabrikan motor terkemuka di seluruh dunia, namun nyatanya beberapa pembuat motor ini memulai bisnisnya dengan membuat sesuatu yang lain. Bahkan ada yang memulainya dengan membuat mesin tenun hingga pesawat terbang.
Motor Pertama Husqvarna tahun 1903
Motor Pertama Husqvarna tahun 1903
Nah, menurut Rideapart ada 5 pabrikan yang dulunya bukan pembuat sepeda motor dan sekarang menjadi pemain besar di industri motor dunia. Data ini dibatasi hanyalah pabrikan yang memulai produknya benar-benar tidak ada sangkut pautnya dengan motor yang lahir di akhir abad 19 atau awal abad 20. Siapa sajakah pabrikan itu?

1. BMW : Mesin Pesawat

BMW merupakan perusahaan asal Jerman dimana pada awalnya merupakan 3 perusahaan Jerman, Rapp Motorenwerke GmbH (pembuat mesin pesawat), Bayerische Flugzeugwerke (juga pembuat mesin pesawat) dan Automobilwek Eisenach (pembuat mobil) yang bergabung pada tanggal 7 Maret 1916 untuk membentuk BFW atau Bayerische Flugzeuzwerke AG.
Pesawat buatan BMW di masa Perang Dunia I
Pesawat buatan BMW di masa Perang Dunia I
Di tahun berikutnya gabungan perusahaan ini merubah namanya menjadi Bayerische Motoren Werke AG atau Bavarian Motor Work yang disingkat BMW yang masih memproduksi mesin pesawat terbang sampai akhir Perang Dunia I.

Akibat perjanjian Versailles, dimana Jerman bertanggung jawab penuh pada penyebab Perang Dunia I maka untuk melnjutkan bisnisnya, BMW harus membuat mesin-mesin seperti mesin motor, mesin peralatan pertanian, peralatan rumah tangga, hingga rem untuk kereta.

Sepeda motor BMW pertama dibuat di 76 Neulerchenfelder Strasse pada tahun 1920 hingga tahun 1922. Motor ini menggunakan mesin 2 tak 148cc dengan bore 53mm dan stroke 60mm. Motor ini dikenal dengan sebutan Flink dan masih tampak seperti sepeda yang diberi mesin.

2. Ducati : Radio dan Komponennya

Salah satu pabrikan motor favorit saat ini, Ducati didirikan di Bologna, Italia, pada tahun 1926 sebagai Societa Scientifica Radio Brevetti Ducati. Antonio Cavalieri Ducati dan putranya Adriano, Marcello, dan Bruno mendirikan perusahaan ini untuk memproduksi tabung vakum, kondensor, dan part-part untuk radio. Jadi jelas ya, Ducati memulai bisnisnya sebagai perusahaan elektronik.
Radio Ducati
Radio Ducati
Pada 1935, bisnis Ducati begitu sukses sehingga anak-anak Ducati membangun pabrik baru yang lebih mewah di lingkungan Borgo Panigale di Bologna. Perusahaan itu membuat komponen radio dan juga radio untuk militer dan menjadi salah satu sasaran pengeboman sekutu. Pada tahun 1944, Sekutu berhasil menghancurkan pabrik Ducati, mengakhiri produksi radio Ducati di Borgo Panigale.

Setelah perang selesai, keluarga Ducati mencari cara lain untuk menghasilkan uang dan menemukan seorang pria bernama Aldo Farinelli. Farinelli sendiri telah sukses mengembangkan mesin 50cc kecil yang disebut Cucciolo (bahasa Itali untuk anak anjing) yang dapat dipasang ke sepeda. Ducati dan Farinelli mencapai kesepakatan dimana akhirnya perusahaan Ducati yang kita kenal sekarang lahir.
Salah satu produk Ducati, Tabung Vakum di Jamannya
Salah satu produk Ducati, Tabung Vakum di Jamannya
Yang cukup menarik adalah bahwa kenyataan Ducati masih membuat elektronik hingga kini. Ducati Energia adalah cabang perusahaan di bidang elektronik, yang memproduksi suku cadang dan subsistem elektronik yang digunakan dalam industri otomotif, konstruksi, dan keamanan.

3. Husqvarna : Senjata Api

Husqvarna adalah perusahaan tertua dalam daftar ini, dimana sejarahnya yang telah berlangsung selama berabad-abad, bukan hanya beberapa dekade. Pertama kali didirikan pada 1689, Husqvarna dimulai sebagai perusahaan milik negara yang membuat senapan dan senjata lain untuk militer Swedia. Pabrik itu diprivatisasi pada 1757 dan selama 240 tahun berikutnya membuat senapan untuk pasar militer dan sipil.
Husqvarna merupakan Pabrik Senjata di tahun 1689
Husqvarna merupakan Pabrik Senjata di tahun 1689
Tahun 1872 Husqvarna mulai membuat mesin jahit dan peralatan dapur yang dilanjutkan dengan membuat sepeda di tahun 1896. Untuk produksi sepeda motor Husqvarna belum dimulai sampai tahun 1903. Motor buatannya masih berupa sepeda yang ditempel mesin. Husqvarna juga masuk ke pembuatan peralatan lain pada tahun 1919 dengan produksi mesin pemotong rumput, gergaji mesin, dan peralatan konstruksi lainnya.

4. Kawasaki : Kapal

Kawasaki Heavy Industries, Ltd. atau tim hijau ini bermula dari tahun 1878 yaitu Galangan Kapal Kawasaki Tsukiji. Didirikan di Tokyo oleh seorang pedagang dan pengusaha bernama Shōzō Kawasaki, perusahaan ini membuat kapal-kapal pengiriman barang yang kokoh. Pada tahun 1896, perusahaan ini didirikan sebagai Kawasaki Dockyard Company, Ltd.
Kapal Kawasaki
Kapal Kawasaki di akhir 1800-an
Selama 30 tahun berikutnya, Kawasaki tumbuh, terdiversifikasi dan memiliki banyak anak perusahaan. Selama masa ini Kawasaki memproduksi kapal kargo, kapal penumpang, kapal perang, kapal selam, pesawat terbang, lokomotif, gerbong kereta api, baja, dan bahkan mengerjakan proyek-proyek teknik sipil. Kawasaki juga berkecimpung dalam pembuatan truk-truk besar pada akhir 1910. Selama Perang Dunia II, Kawasaki membangun kapal perang dan pesawat tempur, termasuk pesawat tempur Hien yang sukses besar, yang merupakan satu-satunya pesawat berpendingin air yang dikembangkan di Jepang selama perang.

Setelah perang, Kawasaki terus berkembang, bahkan memproduksi semua hal. Awal tahun 60-an, Kawasaki memutuskan untuk masuk ke industri sepeda motor ketika divisi pesawatnya mengakuisisi Meguro Motorcycle Company. Meguro memiliki lisensi untuk membuat salinan BSA A7 (Birmingham Small Arms), sebuah motor klasik 500cc. Kawasaki langsung membeli Meguro pada tahun 1963, dan pada tahun 1965 membuat sepeda motor dengan badge Kawasaki. Seri W Kawasaki yang legendaris menyusul diproduksi kemudian yang akhirnya menjadikan Kawasaki sukses besar dalam bisnis sepeda motor.

5. Suzuki : Mesin Tenun

Jauh di tahun 1909, seorang pemuda Jepang bernama Michio Suzuki mendirikan Suzuki Loom Works di Hamamatsu, Jepang, sebuah pabrik pembuatan alat/mesin tenun. Pengetahuan tentang mesin tenun ini didapat Suzuki setelah magang selama 7 tahun yang melelahkan pada seorang tukang kayu bernama Kōtarō Imamura, Suzuki yang berusia 22 tahun telah belajar bagaimana memelihara dan memperbaiki alat tenun industri selama perang Rusia-Jepang.
Pabrik alat tenun Suzuki
Pabrik alat tenun Suzuki
Suzuki memproduksi alat tenun selama tiga dekade berikutnya, dan terus mengembangkan teknologi manufakturnya untuk meningkatkan efisiensi mesin-mesinnya yang rumit. Pada pertengahan 1930-an, Suzuki memutuskan untuk mendiversifikasi produknya dan mulai mengutak-atik desain mobil. Prototipe mobil Suzuki pertama dikembangkan pada akhir 30-an, tepat saat Perang Dunia II.

Setelah perang, Suzuki melanjutkan produksinya untuk mobil prototype-nya sebelum perang. Dan pada tahun 1952, akhirnya Suzuki merilis kendaraan motor pertamanya — sepeda motor dengan mesin 2 langkah 36cc.

Nah, itulah 5 pabrikan motor yang hingga kini menjadi pemain besar di industri sepeda motor yang dulunya merupakan pabrikan selain motor. Di Indonesia ada nggak yang seperti ini?


Hubungi dan Ikuti juga Otovirtual.com di media berikut:

Post a Comment

0 Comments