Keunggulan All New NMax ABS dibandingkan All New PCX ABS, Apa Saja?

Otovirtual.com - All New NMax Connected ABS meluncur dengan segudang fitur yang tidak dimiliki All New NMax Non ABS. Wajar jika harganya dibanderol lebih mahal sekitar 4 jutaan. Harga resmi All New NMax Connected ABS adalah 33.750.000 juta rupiah, sementara All New NMax Non ABS "hanya" 29.500.000 rupiah, semua OTR Jakarta. Baca jugaHarga All New NMax 155 Connected/ABS Hanya 33,75 Juta, Merek Sebelah Jadi Kemahalan?

All New NMax ABS vs All New PCX ABS
All New NMax ABS vs All New PCX ABS

All New NMax Connected ABS (atau kita sebut saja All New NMax ABS) yang hadir dengan fitur melimpah tentu saja kemudian banyak yang membandingkannya dengan kompetitor, siapa lagi kalau bukan All New PCX ABS. Secara harga, menurut situs AHM, All New PCX ABS dibanderol dengan harga 32.511.000 rupiah. Namun berbeda dengan harga Wahana Honda (Jakarta) dan Honda Cengkareng yang memberi label harga All New PCX ABS 33.892.000 rupiah (keduanya diberi embel-embel plus aksesoris. So, jika menurut situs AHM, maka All New NMax ABS memang lebih mahal dibandingkan All New PCX ABS.

Namun, selisih harga tersebut tertutupi dengan berbagai keunggulan yang dimiliki All New NMax ABS, apa saja?

1. Kapasitas Mesin dengan Tenaga dan Torsi melimpah

Sudah bukan rahasia lagi kalau baik NMax lawas maupun All New NMax memiliki mesin yang "dijamin" ngacir. Mesin 155cc 4 klep All New NMax mampu menyemburkan tenaga hingga 15,1 HP / 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm / 6.500 rpm, sementara PCX hanya 14,6 HP / 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm / 6.500 rpm.

2. VVA (Variable Valve Actuation)

Teknologi katup variable ini jelas memberikan keuntungan di rpm tinggi, dimana tenaga yang dihasilkan All New NMax serasa tidak habis-habis, selalu bertenaga baik di rpm rendah maupun tinggi. Sedangkan pengguna All New PCX masih harus sabar menunggu kemunculan PCX baru dengan mesin VTEC, itupun kalau ada hehe...


3. ABS Dual Channel

Kedua motor ini sudah dibekali sistem pengereman ABS atau Anti-lock Brake System yang akan mencegah ban terkunci saat rem ditekan maksimal. Namun All New NMax ABS lebih unggul karena sudah menggunakan ABS dual channel alias di roda depan dan belakang, sementara PCX hanya menggunakan ABS single channel di roda depan. Otomatis, pemilik All New PCX ABS masih memiliki kemungkinan roda belakang mengunci jika di-rem mendadak/maksimal.

4. Fitur Y Connect

All New NMax ABS sudah dilengkapi fitur Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth. Aplikasinya memiliki beberapa fitur, antara lain:
  • Parking location. Pengguna bisa langsung mengetahui lokasi motor dengan mudah dan cepat, tinggal dimonitor menggunakan gadgetnya. 
  • Notifikasi panggilan, dimana email dan pesan bisa terlihat di layar speedometer saat terkoneksi dengan HP. 
  • Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery) yang membantu pemiliknya mengetahui kondisi oli mesin dan tegangan aki, serta memberikan informasi jika motor sudah masuk masa service. 
  • Fuel Consumption yang membantu pengguna mengetahui pemakaian bahan bakar saat berkendara. 
  • Malfunction Notification. Jika terjadi kesalahan pada motor, konsumen akan mendapat notifikasi melalui email yang telah didaftarkan. 
Apakah All New PCX memiliki fitur sejenis? TIDAK!

Fitur Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect)
Fitur Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect)

5. Traction Control System

Ini adalah fitur yang spesial karena baru All New NMax ABS yang memilikinya di kelas metik 150-an cc. Fitur ini bisa mencegah ban selip saat berakselerasi dengan mnedeteksi perbedaan putaran ban depan dan belakang. Jika roda belakang berputar jauh lebih cepat dibandingkan roda depan (selip) saat berakselerasi, maka sensor akan mengirim sinyal pada ECU yang kemudian meresponsnya dengan mengurangi putaran ban belakang, sehingga kecepatan kedua ban menjadi sama.

Lagi-lagi All New PCX harus gigit jari karena tidak memiliki fitur ini.

6. Suspensi belakang model tabung (Sub Tank Suspension)

Secara tampilan, Sub Tank Suspension All New NMax akan lebih eye-catching dibandingkan suspensi tanpa tabung milik PCX. Dan dengan adanya tabung pada suspensi juga akan membuat redaman suspensi lebih baik. PCX harus segera upgrade nih...
All New NMax Connected ABS dengan suspensi tabung
All New NMax Connected ABS dengan suspensi tabung

7. Profil ban lebih lebar

Berikutnya adalah ban. All New NMax memiliki profil ban yang lebih lebar, yaitu 110/70-13 M/C 48P di depan dan 130/70-13 M/C 63P di belakang, sementara PCX menggunakan ban 100/80-14 M/C di depan dan 120/70-14 M/C di belakang. Otomatis All New NMax terlihat lebih padat.

8. Handlebar Switch Control

All New PCX  masih menggunakan tombol pengatur speedometer di dekat speedometernya, sementara All New NMax sudah menggunakan Handlebar Switch Control, dimana tuas pengatur tampilan speedometer terletak di setang sebelah kiri, lebih memudahkan pengoperasian tentunya

Dengan banyaknya keunggulan All New NMax ABS dibandingkan All New PCX ABS di atas, bukan berarti All New PCX ABS tidak memiliki fitur yang bisa diunggulkan lho. Nah, beberapa keunggulan All New PCX dibandingkan All New NMax ABS adalah:
  1. Semua Lampu sudah LED, sementara lampu sein All New NMax ABS masih bohlam
  2. Secara teori All New PCX akan lebih irit, karena mesinnya menggunakn kubikasi lebih rendah dan klep hanya 2, walaupun semua kembali kepada rider dan jalannya
  3. Bagasi lebih besar (PCX 28,8 liter dan NMax 23 liter)
  4. Kapasitas tangki lebih besar (8 liter vs 7,1 liter)
Nah, itulah beberapa keunggulan All New NMax Connected ABS dibandingkan dengan All New PCX ABS. Kalau mau beli, lebih baik tetap harus dicoba dulu keduanya...


Hubungi dan Ikuti juga Otovirtual.com di media berikut:

Post a Comment

0 Comments